JAWABAN TUGAS WEBBLOG



Soal.
1. Sebutkan Definisi  
    a. Pengertian Sistem  
    b. Pengertian Informasi  
    c. Pengertian Sistem Informasi  
Dari Ketiga Diatas Buatlah Definisi Menurut 3 ahli masing-masing?

2. Sebutkan Data apa saja yang digunakan dan sebutkan informasi apa saja yang dihasilkan dalam:  
    a. PSI akademik pada sebuah Penguruan tinggi   
    b. PSI pelayanan pasien pada sebuah RS   
    c. PSI Penjualan pada online

3. Sebutkan komponen" apa saja yang dibutuhkan dalam: 
    a. PSI akademik pada sebuah Penguruan tinggi   
    b. PSI pelayanan pasien pada sebuah RS  
c. PSI Penjualan pada online   

4.  Jelaskan definisi dari analisa sistem ?
5.  Sebutkan langkah-langkah dan komponen-komponen dalam tahapan analisa sistem sampai dengan membuat laporan hasil analisis ?
6.  Apa yang dimaksud dengan desain sistem dan sebutkan tujuan didalam desain sistem tersebut ?
7.  Jelaskan faktor-faktor organisasi yang harus diperhatikan dalam melakukan desain sistem ?

 Jawaban
 
1.DEFINISI SISTEM
Adalah sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan.
Contoh : Sistem Komputer terdiri dari :
Software,
Hardware,
Brainware
1.    Ludwig Von Bartalanfy
Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur -  unsur tersebut dengan lingkungan.
2.    Anatol Raporot
Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
3.    L. Ackof
Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiridari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya
definisi informasi menurut para ahli
Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.
Pengertian Informasi Menurut Para Ahli
1. Abdul Kadir, McFadden dkk. Mereka mendefiniskan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga mampu meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.
2. Azhar Susanto, didalam bukunya yakni Sistem Informasi Akuntansi, menyatakan bahwa informasi merupakan hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat tertentu.
3. Burch & Strater mengemukakan bahwa informasi merupakan proses pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan sebuah pengetahuan atau keterangan.
sistem informasi merupakan sistem yang ada pada organisasi yang didalamnya sudah terdapat kombinasi yang terdiri dari kumpulan, fasilitas, teknologi, cara atau metode sehingga menciptakan sebuah alur komunikasi serta pemrosesan berbagai tipe kejadian internal maupun eksternal yang dapat dijadikan sebagai sebuah dasar dalam menentukan keputusan berdasarkan informasi yan terdapat dalam sebuah sistem.
Pengertian Menurut Ahli
1.MenurutSutabri(2005:42)
Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
2.MenurutGordonB.Davis(1991:8)
Sistem informasi merupakan suatu sistem yang menerima input atau masukan data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.
3.MenurutHanifAl-Fatta(2009:9)
Sistem informasi merupakan suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian.Istilah tersebut menyir atkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tatacara penggunaanya.
2. PSI akademik pada perguruan tinggi
Data yang dibutuhkan :
  Data Program Studi
  Data Dosen
  Data Mahasiswa
  Data Kurikulum
  Data Mata Kuliah disetiap kulikulum
  Data Nilai
  Data Keuangan dan Administrasi Mahasiswa
Informasi yang dihasilkan :
  Kartu Rencana Studi (KRS)
  Kartu Hasil Studi (KHS)
  Transkip Nilai


b.    PSI pelayanan pasien pada Rumah Sakit
Data yang dibutuhkan :
  Data Pasien
  Data Dokter
  Data Obat
  Data Ruangan
Informasi  yang dihasilkan terdiri dari:
  Laporan nama dan jumlah obat yang dikomsumsi per pasien rawat inap.
  Laporan total biaya obat dan biaya inap per pasien rawat inap.
  Laporan pemakaian obat
  Laporan hasil diagnosa dokter

c.    PSI penjualan secara online
Data-data
  Data produk
  Data sales
  Data pengiriman barang kepada pelanggan
Informasi
  Laporan produk
  Laporan penjualan
  Laporan pencapaian target


3. PSI akademik pada perguruan tinggi
Data yang dibutuhkan :
  Data Program Studi
  Data Dosen
  Data Mahasiswa
  Data Kurikulum
  Data Mata Kuliah disetiap kulikulum
  Data Nilai
  Data Keuangan dan Administrasi Mahasiswa
Informasi yang dihasilkan :
  Kartu Rencana Studi (KRS)
  Kartu Hasil Studi (KHS)
  Transkip Nilai


b.    PSI pelayanan pasien pada Rumah Sakit
Data yang dibutuhkan :
  Data Pasien
  Data Dokter
  Data Obat
  Data Ruangan
Informasi  yang dihasilkan terdiri dari:
  Laporan nama dan jumlah obat yang dikomsumsi per pasien rawat inap.
  Laporan total biaya obat dan biaya inap per pasien rawat inap.
  Laporan pemakaian obat
  Laporan hasil diagnosa dokter

c.    PSI penjualan secara online
Data-data
  Data produk
  Data sales
  Data pengiriman barang kepada pelanggan
Informasi
  Laporan produk
  Laporan penjualan
  Laporan pencapaian target

4. analisis sistem adalah sebuah istilah yang secara kolektif mendeskripsikan fase fase awal pengembangan sistem. Analis sistem adalah teknik pemecahan masalah yang menguraikan bagian bagian komponen dengan mempelajari seberapa bagus bagian bagian komponen tersebut bekerja dan berinteraksi untuk mencapai tujuan mereka, analis sistem merupakan tahapan paling awal dari pengembangan sistem yang menentukan keberhasilan


5. Langkah-langkah dalam tahapan analisa sistem :
1.        Mengidentifikasi Masalah (Identify)
Ada tiga langkah yang harus dilakukan didalam tahapan ini yaitu :
1.      Mengidentifikasi Penyebab Masalah
2.      Mengidentifikasi Titik Keputusan
3.      Mengidentifikasi Personil-Personil Kunci
2.        Memahami Kerja dari Sistem yang Ada (Understand)
Dapat dilakukan dengan mempelajari secara terinci bagaimana sistemyang ada beroperasi. Untuk mempelajari operasi dari sistem ini diperlukan data yang dapat diperoleh dengan cara melakukan penelitian :
1.      Menentukan jenis penelitian
2.      Merencanakan jadwal penelitian
3.      Membuat penugasan penelitian
4.      Membuat agenda wawancara
5.      Mengumpulkan hasil penelitian
3.        Menganalisis Hasil Penelitian (Analyze)
Langkah ini dilakukan berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Kita dapat menganalisis :
1.      Kelemahan dari sistem lama tersebut
2.      Kebutuhan informasi bagi pemakai sistem dan pihak manajemen
4.        Membuat Laporan Hasil Analisis (Report)
Isinya adalah :
1.        Alasan melakukan analisis sistem
2.        Menguraikan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada sistem lama
3.        Mengidentifikasi penyebab masalah
4.        Mengidentifikasi titik keputusan
5.        Menguraikan penelitian yang dilakukan
6.        Menguraikan hasil analisis
7.        Kesimpulan analisis

6.   Apa yang dimaksud dengan desain system dan sebutkan tujuan didalam desain system tersebut ?
Desain system dapat didefinisikan sebagai “ tahap setelah analisis dari siklus pengembangan system “:pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional dan persiapan untuk rancang bangun implementasi”menggambarkan bagaimana suatu system dibentuk”
TUJUAN DESAIN
1. Untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem
2. Untuk memberikan gambaran yg jelas & rancang bangun yg lengkap kpd pemrogram komputer & ahli-ahli teknik yg lain, yg terlibat

7. Pada tahap ini, tim teknologi informasi bekerja sama dengan tim bisnis atau manajemen melakukan perancangan komponen-komponen sistem terkait. Tim teknologi informasi akan melakukan perancangan teknis dari teknologi informasi yang akan dibangun, seperti system basis data, jaringan komputer, teknik koversi data, metode migrasi sistem, dan sebagainya.
Sementara itu, secara paralel dan bersama-sama tim bisnis atau manajemen, dan tim teknologi informasi akan melakukan perancangan terhadap komponen-komponen organisasi yang terkait, seperti: yang akan berpengaruh atau memiliki dampak tertentu terhadap proses desain, konstruksi, dan implementasi. Selama tahap analisis, sistem analis terus bekerjasama dengan manajer, dan komite pengarah SIM terlibat dalam titik-titik yang penting mencakup kegiatan sebagai berikut:
a. Menetapkan rencana penelitian sistem
b. Mengorganisasikan tim proyek
c. Mendefinisikan kebutuhan informasi
d. Mendefinisikan kriteria kinerja sistem
e. Menyiapkan usulan rancangan sistem
f. Menyetujui atau menolak rancangan proyek pengembangan system
Keluaran dari proses analisis di kedua aspek ini adalah masalah-masalah penting yang harus segera ditangani, analisis penyebab dan dampak permasalahan bagi organisasi, beberapa kemungkinan skenario pemecahan masalah dengan kemungkinan dan dampak risiko serta potensinya, dan pilihan alternatif solusi yang direkomendasikan.


























Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR HAKI (HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL)

7 Teknologi Canggih di Tahun 2017 yang Akan Lebih “Memanjakan” Manusia

PENGUKUHAN PUSAT INFORMASI & KONSELING MAHASISWA