JAWABAN TUGAS WEBBLOG
Soal.
1. Sebutkan Definisi
a. Pengertian Sistem
b. Pengertian Informasi
c. Pengertian Sistem Informasi
Dari Ketiga Diatas Buatlah Definisi Menurut 3 ahli masing-masing?
Dari Ketiga Diatas Buatlah Definisi Menurut 3 ahli masing-masing?
2. Sebutkan Data apa saja yang digunakan dan sebutkan informasi apa saja yang dihasilkan dalam:
a. PSI akademik pada sebuah Penguruan
tinggi
c. PSI Penjualan pada online
3. Sebutkan komponen" apa saja yang dibutuhkan dalam:
a. PSI akademik pada sebuah Penguruan
tinggi
b. PSI pelayanan pasien pada sebuah
RS
c.
PSI Penjualan pada online
4.
Jelaskan definisi dari analisa sistem ?
5.
Sebutkan langkah-langkah dan
komponen-komponen dalam tahapan analisa sistem sampai dengan membuat laporan
hasil analisis ?
6.
Apa yang dimaksud dengan desain sistem dan
sebutkan tujuan didalam desain sistem tersebut ?
7.
Jelaskan faktor-faktor organisasi yang harus
diperhatikan dalam melakukan desain sistem ?
Jawaban
1.DEFINISI
SISTEM
Adalah
sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam
melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan.
Contoh
: Sistem Komputer terdiri dari :
Software,
Hardware,
Brainware
1.
Ludwig
Von Bartalanfy
Sistem
merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi
diantara unsur - unsur tersebut dengan
lingkungan.
2.
Anatol
Raporot
Sistem
adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
3.
L.
Ackof
Sistem
adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiridari
bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya
definisi informasi
menurut para ahli
Informasi adalah pesan (ucapan atau
ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna
yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.
Pengertian Informasi Menurut Para Ahli
1. Abdul Kadir, McFadden dkk. Mereka
mendefiniskan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian
rupa sehingga mampu meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data
tersebut.
2. Azhar Susanto, didalam bukunya yakni Sistem Informasi
Akuntansi, menyatakan bahwa informasi merupakan hasil pengolahan data
yang memberikan arti dan manfaat tertentu.
3. Burch & Strater mengemukakan bahwa informasi merupakan
proses pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan sebuah pengetahuan
atau keterangan.
sistem
informasi merupakan sistem yang ada pada organisasi yang didalamnya sudah
terdapat kombinasi yang terdiri dari kumpulan, fasilitas, teknologi, cara atau
metode sehingga menciptakan sebuah alur komunikasi serta pemrosesan berbagai
tipe kejadian internal maupun eksternal yang dapat dijadikan sebagai sebuah
dasar dalam menentukan keputusan berdasarkan informasi yan terdapat dalam
sebuah sistem.
Pengertian Menurut Ahli
1.MenurutSutabri(2005:42)
Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
2.MenurutGordonB.Davis(1991:8)
Sistem informasi merupakan suatu sistem yang menerima input atau masukan data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.
Sistem informasi merupakan suatu sistem yang menerima input atau masukan data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.
3.MenurutHanifAl-Fatta(2009:9)
Sistem informasi merupakan suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian.Istilah tersebut menyir atkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tatacara penggunaanya.
Sistem informasi merupakan suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian.Istilah tersebut menyir atkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tatacara penggunaanya.
2. PSI akademik pada perguruan tinggi
Data yang dibutuhkan :
Data yang dibutuhkan :
Data Program Studi
Data Dosen
Data Mahasiswa
Data Kurikulum
Data Mata Kuliah disetiap kulikulum
Data Nilai
Data Keuangan dan Administrasi Mahasiswa
Informasi yang dihasilkan :
Kartu Rencana Studi (KRS)
Kartu Hasil Studi (KHS)
Transkip Nilai
b. PSI pelayanan pasien pada Rumah
Sakit
Data yang dibutuhkan :
Data yang dibutuhkan :
Data Pasien
Data Dokter
Data Obat
Data Ruangan
Informasi yang dihasilkan
terdiri dari:
Laporan nama dan jumlah obat yang dikomsumsi per
pasien rawat inap.
Laporan total biaya obat dan biaya inap per pasien
rawat inap.
Laporan pemakaian obat
Laporan hasil diagnosa dokter
c. PSI penjualan secara
online
Data-data
Data-data
Data produk
Data sales
Data pengiriman barang kepada pelanggan
Informasi
Laporan produk
Laporan penjualan
Laporan pencapaian target
3. PSI akademik pada perguruan
tinggi
Data yang dibutuhkan :
Data yang dibutuhkan :
Data Program Studi
Data Dosen
Data Mahasiswa
Data Kurikulum
Data Mata Kuliah disetiap kulikulum
Data Nilai
Data Keuangan dan Administrasi Mahasiswa
Informasi yang dihasilkan :
Kartu Rencana Studi (KRS)
Kartu Hasil Studi (KHS)
Transkip Nilai
b. PSI pelayanan pasien pada Rumah
Sakit
Data yang dibutuhkan :
Data yang dibutuhkan :
Data Pasien
Data Dokter
Data Obat
Data Ruangan
Informasi yang dihasilkan
terdiri dari:
Laporan nama dan jumlah obat yang dikomsumsi per
pasien rawat inap.
Laporan total biaya obat dan biaya inap per pasien
rawat inap.
Laporan pemakaian obat
Laporan hasil diagnosa dokter
c. PSI penjualan secara
online
Data-data
Data-data
Data produk
Data sales
Data pengiriman barang kepada pelanggan
Informasi
Laporan produk
Laporan penjualan
Laporan pencapaian target
4. analisis sistem adalah sebuah istilah yang secara kolektif mendeskripsikan
fase fase awal pengembangan sistem. Analis sistem adalah teknik pemecahan
masalah yang menguraikan bagian bagian komponen dengan mempelajari seberapa
bagus bagian bagian komponen tersebut bekerja dan berinteraksi untuk mencapai
tujuan mereka, analis sistem merupakan tahapan paling awal dari pengembangan
sistem yang menentukan keberhasilan
5. Langkah-langkah
dalam tahapan analisa sistem :
1. Mengidentifikasi Masalah (Identify)
Ada tiga langkah yang harus dilakukan didalam tahapan ini yaitu :
1. Mengidentifikasi Penyebab Masalah
2. Mengidentifikasi Titik Keputusan
3. Mengidentifikasi Personil-Personil Kunci
2. Memahami Kerja dari Sistem yang Ada (Understand)
Dapat dilakukan dengan mempelajari secara terinci bagaimana sistemyang ada
beroperasi. Untuk mempelajari operasi dari sistem ini diperlukan data yang
dapat diperoleh dengan cara melakukan penelitian :
1. Menentukan jenis penelitian
2. Merencanakan jadwal penelitian
3. Membuat penugasan penelitian
4. Membuat agenda wawancara
5. Mengumpulkan hasil penelitian
3. Menganalisis Hasil Penelitian (Analyze)
Langkah ini dilakukan berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil
penelitian yang telah dilakukan. Kita dapat menganalisis :
1. Kelemahan dari sistem lama tersebut
2. Kebutuhan informasi bagi pemakai sistem dan pihak manajemen
4. Membuat Laporan Hasil Analisis (Report)
Isinya adalah :
1. Alasan melakukan analisis sistem
2. Menguraikan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada sistem lama
3. Mengidentifikasi penyebab masalah
4. Mengidentifikasi titik keputusan
5. Menguraikan penelitian yang dilakukan
6. Menguraikan hasil analisis
7. Kesimpulan analisis
6. Apa yang dimaksud dengan desain system dan
sebutkan tujuan didalam desain system tersebut ?
Desain system
dapat didefinisikan sebagai “ tahap setelah analisis dari siklus pengembangan
system “:pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional dan persiapan untuk
rancang bangun implementasi”menggambarkan bagaimana suatu system dibentuk”
TUJUAN DESAIN
1. Untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai
sistem
2. Untuk memberikan gambaran yg jelas & rancang bangun yg
lengkap kpd pemrogram komputer & ahli-ahli teknik yg lain, yg terlibat
7.
Pada tahap ini, tim teknologi informasi bekerja sama dengan
tim bisnis atau manajemen melakukan perancangan komponen-komponen sistem
terkait. Tim teknologi informasi akan melakukan perancangan teknis dari
teknologi informasi yang akan dibangun, seperti system basis data, jaringan
komputer, teknik koversi data, metode migrasi sistem, dan sebagainya.
Sementara itu, secara paralel dan bersama-sama tim bisnis atau manajemen, dan tim teknologi informasi akan melakukan perancangan terhadap komponen-komponen organisasi yang terkait, seperti: yang akan berpengaruh atau memiliki dampak tertentu terhadap proses desain, konstruksi, dan implementasi. Selama tahap analisis, sistem analis terus bekerjasama dengan manajer, dan komite pengarah SIM terlibat dalam titik-titik yang penting mencakup kegiatan sebagai berikut:
a. Menetapkan rencana penelitian sistem
b. Mengorganisasikan tim proyek
c. Mendefinisikan kebutuhan informasi
d. Mendefinisikan kriteria kinerja sistem
e. Menyiapkan usulan rancangan sistem
f. Menyetujui atau menolak rancangan proyek pengembangan system
Keluaran dari proses analisis di kedua aspek ini adalah masalah-masalah penting yang harus segera ditangani, analisis penyebab dan dampak permasalahan bagi organisasi, beberapa kemungkinan skenario pemecahan masalah dengan kemungkinan dan dampak risiko serta potensinya, dan pilihan alternatif solusi yang direkomendasikan.
Sementara itu, secara paralel dan bersama-sama tim bisnis atau manajemen, dan tim teknologi informasi akan melakukan perancangan terhadap komponen-komponen organisasi yang terkait, seperti: yang akan berpengaruh atau memiliki dampak tertentu terhadap proses desain, konstruksi, dan implementasi. Selama tahap analisis, sistem analis terus bekerjasama dengan manajer, dan komite pengarah SIM terlibat dalam titik-titik yang penting mencakup kegiatan sebagai berikut:
a. Menetapkan rencana penelitian sistem
b. Mengorganisasikan tim proyek
c. Mendefinisikan kebutuhan informasi
d. Mendefinisikan kriteria kinerja sistem
e. Menyiapkan usulan rancangan sistem
f. Menyetujui atau menolak rancangan proyek pengembangan system
Keluaran dari proses analisis di kedua aspek ini adalah masalah-masalah penting yang harus segera ditangani, analisis penyebab dan dampak permasalahan bagi organisasi, beberapa kemungkinan skenario pemecahan masalah dengan kemungkinan dan dampak risiko serta potensinya, dan pilihan alternatif solusi yang direkomendasikan.
Komentar
Posting Komentar